Ahad, 26 Mei 2013

Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Mikro

STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL DAN MIKRO


MAKALAH



Oleh:

Nama                       : SITI NATHRAH
NIM                         : 0705121049
M.K                         : MANAJEMEN PEMASARAN
Dosen                       : 1. Drs. SUARMAN, M.Pd
                                   2. ABDURRAHMAN, S.Pd., M.Si



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
2009
ABSTRAK

Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang melaksamakan konsep pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Menurut pandangan konsep pemasaran, tujuan perusahaan akan dapat dicapai melalui kepuasan konsumen. Setiap perusahaan yang telah meghasilkan produk, untuk memasarkannya akan menggunakan strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah: Menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan serta mampu membedakan dari pesaing; Mengkomunikasikan dan mengantarkan produk tersebut kepada pasar yang dituju. Dalam strategi pemasaran, ada tiga factor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu : Daur hidup produk, Posisi persaingan perusahaan di pasar dan Situasi ekonomi.






KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik ALLAH swt. Zat yang telah menciptakan manusia dengan penciptaan yang sebaik-baiknya, menyempurnakannya dengan akal dan membimbingnya dengan menurunkan para utusan pilihannya; serta telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Mikro”.
Makalah ini merupakan tugas yang harus dipenuhi pada mata kuliah Manajemen Pemasaran. Disamping itu penulis menyadari bahwa makalah ini masih perlu disempurnakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu, kritik dan saran perbaikan makalah ini sangat kami harapkan.

Akhir kata penulis berharap makalah ini bisa diterima dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang menggunakannya.
                                                                                                                                   




                                                                                    Pekanbaru, November 2009



Penulis






DAFTAR ISI

Hal
Halaman judul -----------------------------------------------------------------------     i
Abstrak ------------------------------------------------------------------------------    ii
Kata pengantar ----------------------------------------------------------------------   iii
Daftar isi -----------------------------------------------------------------------------   iv
BAB I        PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah-----------------------------------------------    1
B. Identifikasi Masalah--------------------------------------------------    1
C.   Tujuan Penulisan Makalah--------------------------------------------    2
D.  Manfaat Penelitian----------------------------------------------------    2
E.   Batasan Masalah------------------------------------------------------    2
F. Sistematika makalah---------------------------------------------------    2
BAB II      TINJAUAN PUSTAKA
A.    Tinjauan Tentang Pemasaran-----------------------------------------    4
1.      Pengertian Pemasaran--------------------------------------------    4
2.      Konsep Pemasaran-----------------------------------------------    4
3.      Macam-Macam Konsep Pemasaran------------------------------    5
B.     Tinjauan tentang strategi pemasaran---------------------------------    6
1.      Pengertian Strategi Pemasaran ----------------------------------    6
2.      Konsep Strategi Pemasaran--------------------------------------    7
3.      Macam-Macam Strategi Pemasaran------------------------------    8
4.      fungsi strategi pemasaran----------------------------------------    9
C.     Tinjauan tentang usaha kecil dan mikro------------------------------    9
1.      Pengertian Usaha Kecil Dan Mikro------------------------------    9
2.      Kriteria Usaha Kecil Dan Mikro--------------------------------- 10
BAB III     PENUTUP
A.    Kesimpulan----------------------------------------------------------- 12
B.     Saran----------------------------------------------------------------- 12
DAFTAR PUSTAKA--------------------------------------------------------------- 14



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Umumnya perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang melaksanakan konsep pemasaran yang berorientasi kepada konsumen, karena perusahaan inilah yang mampu menguasai pasar dalam jangka panjang. Di dalam pandangan konsep pemasaran, tujuan perusahaan dicapai melalui kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen diperoleh setelah kebutuhan dan keinginan konsumen dipenuhi melalui kegiatan pemasaran yang terpadu. Dengan demikian ada 4 (empat) unsur pokok dalam konsep pemasaran, yaitu orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen; kepuasan konsumen; kegiatan pemasaran yang terpadu; tujuan perusahaan.
Dalam memasarkan produk yang dihasilkannya setiap perusahaan menjalankan strategi pemasaran sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Ada 3 (tiga) tahap yang ditempuh perusahaan untuk menetapkan strategi pemasaran, yaitu (1) memilih konsumen yang dituju, (2) mengidentifikasikan keinginan konsumen, dan (3) menentukan marketing mix.
Menurut Stoner, freeman dan Gilbert, Jr. (1995), konsep strategi dapat didefinisikan berdasarkan dua perspektif yang berbeda, yaitu (1) dari perspektif apa yang suatu organisasi ingin lakukan (intends to do) dan (2) dari perspektif apa yang organisasi akhirnya lakukan (eventually does).
Berdasarkan perspektif yang pertama, strategi dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya. Sedangkan berdasarkan perspektif  ke-dua, strategi didefinisikan sebagai pola tanggapan atau respon organisasi terhadap lingkungan sepanjang waktu.
B.     Identifikasi Masalah
Sebagaimana yang telah dipaparkan dalam latar belakang masalah bahwa pokok persoalan kajian ini adalah strategi pemasaran usaha kecil dan mikro. Berdasarkan persoalan-persoalan tersebut, maka persoalan yang mengitari kajian ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
1.      Tujuan dari strategi pemasaran dan peranannya
2.      Fungsi strategi pemasaran

C.    Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui dan memahami strategi pemasaran dan perannya dalam mencapai tujuan strategi pemasaran.
2.      Untuk megetahui dan memahami fungsi strategi pemasaran.
3.      Agar mampu melaksanakan strategi pemasaran yang ditetapkan sehingga  dapat mencapai tujuan dari pemasaran.
  1. Peneliti bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam meneliti.

D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain :
1.      Mengetahui dan memahami strategi pemasaran dan peranannya dalam mencapai tujuan strategi pemasaran.
2.      Mengetahui dan memahami fungsi strategi pemasaran.
3.      Sebagai pengembangan wawasan kelimuan penulis.

E.     Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, untuk mempermudah melakukan analisis maka penulis mebatasi masalah yang akan penulis lakukan, yaitu Seputar Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Mikro.

F.     Sistematika makalah
Secara garis besar sistematika makalah dibagi menjadi 3 bagian pokok yaitu :
1        Bagian awal yang terdiri dari halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi.
2        Bagian isi terdiri dari 3 bab yaitu :
BAB I             PENDAHULUAN
Bab ini terdiri dari latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penelitian.

BAB II            TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi kajian-kajian teori yang relevan dengan permasalahan pada makalah.

BAB III          PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan hasil penelitian.

3        Bagian akhir yang terdiri dari daftar pustaka dan lampiran yang diperlukan.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Tinjauan Tentang Pemasaran
1.      Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga, agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Banyak ahli yang telah memberikan defenisi atas pemasaran , sehingga defenisiyang dberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Adapun beberapa defenisi mengenai pemasaran menurut para ahli diantaranya adalah :
a.       Philip kotler (marketing) peasaran adalah kegiata manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b.      Philip kotler dan amstrong, pemasaran adala sebagai suatu proses social dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbale balik produk dan nilai dengan orang lain.
c.       W. Stanton, pemasaran adala system keseluruhan darkegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli mapun pembeli potensial.

2.      Konsep Pemasaran
Konsep-konsep pemasaran meliputi : kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; tansaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Perbedaa antara kebutuhan, keinginan dan permintaan adalah kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

3.      Macam-Macam Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran  serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dapat dicapai dengan cara :
a.       Temukan keinginan pasar dan penuhilah,
b.      Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat,
c.       Cintailah pelanggan, bukan produk anda,
d.      Lakukanlah menurut cara anda (Burger King),
e.       Andalah yang menentukan (United Airlines),
f.       Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargaiuang pelangan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney)
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi salah satu diantaranya yaitu :
a.       Konsep pamasaran social
Konsep pemasaran social berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.


b.      Konsep pemasaran global
Pada konsep pemasaran global, manajer eksekutif berupaya memahami semua factor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis .

B.     Tinjauan Tentang Strategi Pemasaran
1.      Pengertian Strategi Pemasaran
Ada beberapa pengertian tentang strategi pemasaran, yaitu:
Ø  Rencana yang terpadu di bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.
Ø  Dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran suatu perusahaan dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Ø  Alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing melalui pasar sasaran dan program pemasaran untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan perkataan lain, strategi pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga factor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1.      Daur hidup produk
2.      Posisi persaingan perusahaan di pasar
3.      Situas ekonomi.
2.      Konsep Strategi Pemasaran
Setiap fungsi manajemen memberikan kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada level yang berbeda. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal usaha kecil dan mikro hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.
Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas masalah penentuan dua pertimbangan pokok. Pertama, bisnis apa yang digeluti perusahaan pada saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki dimasa mendatang. Kedua, bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalanka dengan sukses dalam lingkungan yang kometitif atas dasar persepetif produk, harga, promosi dan distribusi (bauran pemasran/marketing mix) untuk melayani pasar sasaran.
Dalam konteks penyusunan strategi, pemasaran memiliki 2 dimensi, yaitu dimensi saat ini dan dimensi masa yang akan datang. Dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan lingkungannya. Sedangkan dimensi masa yang akan datang mencakup hubungan di masa yang akan datang diharapkan akan dapat terjalin dan program tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Strategi pemasaran merupakan pernyataan (secara implicit maupun eksplisit) mengenai bagaimana suatu merek atau lini produk mencapai tujuannya (Bennett, 1988). Sementara itu, Tull dan Kahle (1990) mendefinisikan strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pasar yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
Menurut corey (Dolan, 1991), strategi pemasaran terdiri atas lima elemen yang saling berkaitan. Kelima elemen tersebut adalah:
Ø  Pemilihan pasar, yaitu memilih pasar yang akan dilayani.
Ø  Perencaaan produk, meliputi spesifik yang akan dijual, pembentukan lini produk dan desain penawaran individual pada masing-masing lini.
Ø  Penetapan harga, yaitu menentukan harga yang dapat mencerminkan nilai kuantitatif dari produk hingga mencapai konsumen akhir yang membeli dan menggunakannya.
Ø  Komunikasi pemasaran (promosi), yang meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan, direct marketing dan public relation.
3.      Macam-macam Strategi Pemasaran
Macam-macam strategi pemasaran antaralain:
Ø  Strategi kebutuhan primer
Strategi untuk merancang kebutuhan primer yaitu:
a.       Menambah jumlah pemakaian dan,
b.      Meningkatkan jumlah pembeli.
Ø  Strategi kebutuhan selektif
Strategi kebutuhan selektif dapat di capai dengan cara sebagai berikut :
a.       Mempertahankan pelanggan, misalnya:
·         Memelihara kepuasan pelanggan;
·         Menyederhanakan proses pembelian;
·         Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merek.
b.      Menjaring pelanggan (Aqcuistion strategier)

                        Strategi pemasaran terbagi atas empat jenis yaitu:
1.      Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai,
2.      Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian,
3.      Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankanpelanggan yang ada,
4.      Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

4.      Fungsi Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang ditetapkan dan dijalankan oleh perusahaan atau usaha kecil dan mikro memiliki beberapa fungsi, yaitu:
Ø  Menetapkan basis konsumen secara strategis, rasional dan lengkap dengan informasinya;
Ø  Mengidentifikasikan kebutuhan yang sekarang dan yang akan datang dari konsumen dan calon konsumen;
Ø  Menciptakan produk yang dapat mmenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan, serta mampu membedakan perusahaan dari pesaing;
Ø  Mengkomunikasikan dan mengantarkan produk tersebut kepada pasar sasaran;
Ø  Memimpin seluruh personel bidang pemasaran untuk menjadi sekumpulantenaga kerja yang disiplin, otensial, berpengalaman, berdedikasi pada perusahaan dalam mencapai tujuan.

C.    Tinjauan Tentang Usaha Kecil dan Mikro
1.      Pengertian Usaha Kecil dan Mikro
Usaha kecil merupakan usaha yang integral dalam dunia usaha nasional yang memiliki kedudukan, potensi, dan peranan yang signifikan dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan ekonomi pada khususnya. Selain itu, usaha kecil juga merupakan kegiatan usaha dalam memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas, agar dapat mempercepat proses pemerataan dan pendapatan ekonomi masyarakat.
Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengertian Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang.
Sedangkan pengertian/defenisi Usaha Mikro menurut Keputusan Menteri Keuangan No.40/KMK.06/2003 tanggal 29 Januari 2003, yaitu usaha produktif milik keluarga atau perorangan Warga Negara Indonesia dan memiliki hasil penjualan paling banyak Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah) per tahun. Usaha Mikro dapat mengajukan kredit kepada bank paling banyak Rp.50.000.000,-.
Menurut Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengertian Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi criteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.

2.      Kriteria Usaha Kecil dan Mikro
Kriteria usaha mikro :
Ø  Jenis barang/komoditi usahanya tidak selalu tetap, sewatu-waktu dapat berganti;
Ø  Tempat usahanya tidak selalu menetap, sewaktu-waktu dapat pindah tempat;
Ø  Belum melakukan administrasi keuangan yang sederhana sekalipun dan tidak memisahkan keuangan keluarga dengan keuangan usaha;
Ø  Sumber daya manusianya (Pengusahanya) belum memiliki jiwa wirausaha yang memadai;
Ø  Tingkat pendidikan rata-rata relative sangat rendah;
Ø  Umumnya belum akses kepada perbankan, namun sebagian dari mereka sudah akses ke lembaga keuangan non bank;
Ø  Umumnya tidak memiliki izin usaha atau persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP.

Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kriteria usaha kecil dan mikro adalah seperti pada tabel berikut:

No

URAIAN
KRITERIA
ASSET
OMZET
1
USAHA MIKRO
Max 50 Juta
Max 300 Juta
2
USAHA KECIL
> 50 Juta – 500 Juta
> 300 Juta - 2,5M





BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari pembahasan yang penulis kemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah:

Ø  Menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan serta mampu membedakan dari pesaing;
Ø  Mengkomunikasikan dan mengantarkan produk tersebut kepada pasar yang dituju.
Dalam rangka pencapaian tujuannya, perusahaan berorientasi pada kepuasan konsumen melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan menjalankan strategi pemasaran yang tepat. Kepuasan konsumen/pelanggan merupakan ukuran keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan dalam memasarkan produknya. Disamping itu, kepuasan konsumen dapat diukur dan dievaluasi.

B.     SARAN
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan diatas ada beberapa saran yang bisa diuraikan:
Ø  Sebagai dasar untu menentukan apakah strategi yang sedang dijalankanperlu dibah dan untuk menyusun atau menentukan strategi yang akan dijalankan pada masa yang akan datang, perusahaan perlu memperhtikan dan mempertimbangkan factor-faktor seperti pasar, tingkat pertumbuhan, system distribusi, pola prilaku pembeli, permintaan musiman, dan segmen pasar yang ada saat ini dan segmen pasaryag belum terpenuhi.
Ø  Perusahaan erlu memahami siapa pesaingnya, bagaimana posisi produk dan pasar pesaing, apa strategi pesaing, kekuatan dan kelemahan pesaing, strukur pesaing dan kapasitas produk pesaing.


DAFTAR PUSTAKA

Jurini, Kristanti Puji Winah. (2004), Strategi Pemasaran. Jakarta: DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL.
Tjiptono, fandy. (1997), Stratei Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.








Tiada ulasan:

Catat Ulasan