STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL DAN MIKRO
MAKALAH
Oleh:
Nama : SITI NATHRAH
NIM : 0705121049
M.K : MANAJEMEN PEMASARAN
Dosen : 1. Drs. SUARMAN, M.Pd
2. ABDURRAHMAN, S.Pd., M.Si
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
2009
ABSTRAK
ABSTRAK
Perusahaan yang
berhasil adalah perusahaan yang melaksamakan konsep pemasaran yang berorientasi
pada konsumen. Menurut pandangan konsep pemasaran, tujuan perusahaan akan dapat
dicapai melalui kepuasan konsumen. Setiap perusahaan yang telah meghasilkan
produk, untuk memasarkannya akan menggunakan strategi pemasaran. Strategi
pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang
mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan
program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran memiliki
beberapa fungsi, salah satunya adalah: Menciptakan produk yang dapat memenuhi
kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan serta mampu membedakan dari
pesaing; Mengkomunikasikan dan mengantarkan produk tersebut kepada pasar yang
dituju. Dalam strategi pemasaran, ada tiga factor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu : Daur hidup produk, Posisi
persaingan perusahaan di pasar dan Situasi ekonomi.
KATA PENGANTAR
Segala
puji hanya milik ALLAH swt. Zat yang telah menciptakan manusia dengan
penciptaan yang sebaik-baiknya, menyempurnakannya dengan akal dan membimbingnya
dengan menurunkan para utusan pilihannya; serta telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Mikro”.
Makalah ini merupakan tugas yang harus dipenuhi pada
mata kuliah Manajemen Pemasaran. Disamping itu penulis menyadari bahwa makalah ini masih perlu
disempurnakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu, kritik dan saran perbaikan
makalah ini sangat kami harapkan.
Akhir kata penulis berharap makalah ini
bisa diterima dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang menggunakannya.
Pekanbaru,
November 2009
Penulis
DAFTAR ISI
Hal
Halaman
judul ----------------------------------------------------------------------- i
Abstrak
------------------------------------------------------------------------------ ii
Kata
pengantar ---------------------------------------------------------------------- iii
Daftar
isi ----------------------------------------------------------------------------- iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah----------------------------------------------- 1
B. Identifikasi Masalah-------------------------------------------------- 1
C.
Tujuan Penulisan Makalah-------------------------------------------- 2
D. Manfaat Penelitian---------------------------------------------------- 2
E.
Batasan Masalah------------------------------------------------------ 2
F. Sistematika makalah--------------------------------------------------- 2
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Tinjauan Tentang Pemasaran----------------------------------------- 4
1.
Pengertian Pemasaran-------------------------------------------- 4
2.
Konsep Pemasaran----------------------------------------------- 4
3.
Macam-Macam Konsep Pemasaran------------------------------ 5
B.
Tinjauan tentang strategi
pemasaran--------------------------------- 6
1.
Pengertian Strategi Pemasaran ---------------------------------- 6
2.
Konsep Strategi Pemasaran-------------------------------------- 7
3.
Macam-Macam Strategi Pemasaran------------------------------ 8
4.
fungsi strategi pemasaran---------------------------------------- 9
C.
Tinjauan tentang usaha kecil dan
mikro------------------------------ 9
1.
Pengertian Usaha Kecil Dan Mikro------------------------------ 9
2.
Kriteria Usaha Kecil Dan Mikro--------------------------------- 10
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan-----------------------------------------------------------
12
B.
Saran-----------------------------------------------------------------
12
DAFTAR
PUSTAKA---------------------------------------------------------------
14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Umumnya
perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang melaksanakan konsep pemasaran
yang berorientasi kepada konsumen, karena perusahaan inilah yang mampu
menguasai pasar dalam jangka panjang. Di dalam pandangan konsep pemasaran,
tujuan perusahaan dicapai melalui kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen
diperoleh setelah kebutuhan dan keinginan konsumen dipenuhi melalui kegiatan
pemasaran yang terpadu. Dengan demikian ada 4 (empat) unsur pokok dalam konsep
pemasaran, yaitu orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen; kepuasan
konsumen; kegiatan pemasaran yang terpadu; tujuan perusahaan.
Dalam
memasarkan produk yang dihasilkannya setiap perusahaan menjalankan strategi
pemasaran sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Ada 3 (tiga) tahap yang ditempuh perusahaan
untuk menetapkan strategi pemasaran, yaitu (1) memilih konsumen yang dituju,
(2) mengidentifikasikan keinginan konsumen, dan (3) menentukan marketing mix.
Menurut
Stoner, freeman dan Gilbert, Jr. (1995), konsep strategi dapat didefinisikan
berdasarkan dua perspektif yang berbeda, yaitu (1) dari perspektif apa yang
suatu organisasi ingin lakukan (intends to do) dan (2) dari perspektif apa yang
organisasi akhirnya lakukan (eventually does).
Berdasarkan perspektif yang pertama, strategi dapat
didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi
dan mengimplementasikan misinya. Sedangkan berdasarkan perspektif ke-dua, strategi didefinisikan sebagai pola tanggapan
atau respon organisasi terhadap lingkungan sepanjang waktu.
B. Identifikasi Masalah
Sebagaimana yang telah dipaparkan dalam latar belakang
masalah bahwa pokok persoalan kajian ini adalah strategi pemasaran usaha kecil
dan mikro. Berdasarkan persoalan-persoalan tersebut, maka persoalan yang
mengitari kajian ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
1.
Tujuan dari strategi pemasaran dan
peranannya
2.
Fungsi strategi pemasaran
C. Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
1.
Untuk mengetahui dan
memahami strategi pemasaran dan perannya dalam mencapai tujuan strategi
pemasaran.
2.
Untuk megetahui dan
memahami fungsi strategi pemasaran.
3.
Agar mampu melaksanakan
strategi pemasaran yang ditetapkan sehingga
dapat mencapai tujuan dari pemasaran.
- Peneliti bisa menambah pengetahuan dan pengalaman
dalam meneliti.
D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat
antara lain :
1.
Mengetahui dan memahami strategi
pemasaran dan peranannya dalam mencapai tujuan strategi pemasaran.
2.
Mengetahui dan memahami fungsi
strategi pemasaran.
3.
Sebagai pengembangan wawasan
kelimuan penulis.
E. Batasan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, untuk mempermudah
melakukan analisis maka penulis mebatasi masalah yang akan penulis lakukan,
yaitu Seputar Strategi Pemasaran Usaha
Kecil dan Mikro.
F. Sistematika makalah
Secara garis besar sistematika makalah dibagi menjadi 3
bagian pokok yaitu :
1
Bagian awal yang terdiri dari
halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi.
2
Bagian isi terdiri dari 3 bab
yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Bab
ini terdiri dari latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan
penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
Bab
ini berisi kajian-kajian teori yang relevan dengan permasalahan pada makalah.
BAB III PENUTUP
Bab
ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan hasil penelitian.
3
Bagian akhir yang terdiri dari daftar
pustaka dan lampiran yang diperlukan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Tinjauan Tentang
Pemasaran
1. Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas
yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan
promosi, distribusi, pelayanan dan harga, agar kebutuhan konsumen dapat
terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Banyak ahli yang telah memberikan defenisi atas pemasaran ,
sehingga defenisiyang dberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli
yang lain. Adapun beberapa defenisi mengenai pemasaran menurut para ahli
diantaranya adalah :
a.
Philip kotler (marketing) peasaran
adalah kegiata manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran.
b.
Philip kotler dan amstrong,
pemasaran adala sebagai suatu proses social dan managerial yang membuat
individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat
penciptaan dan pertukaran timbale balik produk dan nilai dengan orang lain.
c.
W. Stanton ,
pemasaran adala system keseluruhan darkegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli mapun pembeli potensial.
2. Konsep Pemasaran
Konsep-konsep pemasaran meliputi : kebutuhan, keinginan,
permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; tansaksi dan hubungan
pasar, pemasaran dan pasar. Perbedaa antara kebutuhan, keinginan dan permintaan
adalah kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar
tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik
terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah
keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan
kesediaan untuk membelinya.
3. Macam-Macam Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan
organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan
secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Konsep pemasaran yang
telah diungkapkan dapat dicapai dengan cara :
a.
Temukan keinginan pasar dan
penuhilah,
b.
Buatlah apa yang dapat dijual dan
jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat,
c.
Cintailah pelanggan, bukan produk
anda,
d.
Lakukanlah menurut cara anda
(Burger King),
e.
Andalah yang menentukan (United
Airlines),
f.
Melakukan segalanya dalam batas
kemampuan untuk menghargaiuang pelangan yang sarat dengan nilai, mutu dan
kepuasan (JC. Penney)
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar
pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi salah satu diantaranya yaitu :
a.
Konsep pamasaran social
Konsep
pemasaran social berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan
keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan
dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap
melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
b.
Konsep pemasaran global
Pada
konsep pemasaran global, manajer eksekutif berupaya memahami semua
factor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen
strategis .
B. Tinjauan Tentang Strategi
Pemasaran
1. Pengertian Strategi
Pemasaran
Ø
Rencana yang terpadu di
bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan
untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.
Ø
Dasar tindakan yang
mengarahkan kegiatan pemasaran suatu perusahaan dalam kondisi persaingan dan
lingkungan yang selalu berubah, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Ø
Alat fundamental yang
direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan
bersaing melalui pasar sasaran dan program pemasaran untuk mencapai tujuan
tersebut.
Dengan perkataan lain, strategi pemasaran merupakan rencana
yang terpadu sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran kepada
pasar sasaran dengan mengembangkan program pemasaran untuk mencapai tujuan
pemasaran.
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan
tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan
dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam
strategi pemasaran, ada tiga factor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan
strategi dalam pemasaran yaitu :
1.
Daur hidup produk
2.
Posisi persaingan perusahaan di
pasar
3.
Situas ekonomi.
2. Konsep Strategi Pemasaran
Setiap fungsi manajemen memberikan kontribusi tertentu pada
saat penyusunan strategi pada level yang berbeda. Pemasaran merupakan fungsi
yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal usaha kecil
dan mikro hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal.
Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan
strategi.
Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha
untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka
mencari pemecahan atas masalah penentuan dua pertimbangan pokok. Pertama, bisnis apa yang digeluti
perusahaan pada saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki dimasa
mendatang. Kedua, bagaimana bisnis
yang telah dipilih tersebut dapat dijalanka dengan sukses dalam lingkungan yang
kometitif atas dasar persepetif produk, harga, promosi dan distribusi (bauran
pemasran/marketing mix) untuk
melayani pasar sasaran.
Dalam konteks penyusunan strategi, pemasaran memiliki 2
dimensi, yaitu dimensi saat ini dan dimensi masa yang akan datang. Dimensi saat
ini berkaitan dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan
lingkungannya. Sedangkan dimensi masa yang akan datang mencakup hubungan di
masa yang akan datang diharapkan akan dapat terjalin dan program tindakan yang
diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Strategi pemasaran merupakan pernyataan (secara implicit
maupun eksplisit) mengenai bagaimana suatu merek atau lini produk mencapai
tujuannya (Bennett, 1988). Sementara itu, Tull dan Kahle (1990) mendefinisikan
strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai
tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan
melalui pasar yang dimasuki dan program pasar yang digunakan untuk melayani
pasar sasaran tersebut.
Menurut corey (Dolan, 1991), strategi pemasaran terdiri atas lima elemen yang saling
berkaitan. Kelima elemen tersebut adalah:
Ø
Pemilihan pasar, yaitu
memilih pasar yang akan dilayani.
Ø
Perencaaan produk, meliputi
spesifik yang akan dijual, pembentukan lini produk dan desain penawaran
individual pada masing-masing lini.
Ø
Penetapan harga, yaitu
menentukan harga yang dapat mencerminkan nilai kuantitatif dari produk hingga
mencapai konsumen akhir yang membeli dan menggunakannya.
Ø
Komunikasi pemasaran
(promosi), yang meliputi periklanan, personal
selling, promosi penjualan, direct
marketing dan public relation.
3. Macam-macam Strategi
Pemasaran
Macam-macam strategi pemasaran antaralain:
Ø
Strategi kebutuhan primer
Strategi untuk merancang kebutuhan primer yaitu:
a.
Menambah jumlah pemakaian dan,
b.
Meningkatkan jumlah pembeli.
Ø
Strategi kebutuhan selektif
Strategi kebutuhan selektif dapat di capai dengan cara sebagai
berikut :
a.
Mempertahankan pelanggan,
misalnya:
·
Memelihara kepuasan
pelanggan;
·
Menyederhanakan proses
pembelian;
·
Mengurangi daya tarik atau
jelang untuk beralih merek.
b.
Menjaring pelanggan (Aqcuistion
strategier)
Strategi pemasaran
terbagi atas empat jenis yaitu:
1.
Merangsang kebutuhan primer dengan
menambah jumlah pemakai,
2.
Merangsang kebutuhan primer dengan
memperbesar tingkat pembelian,
3.
Merangsang kebutuhan selektif
dengan mempertahankanpelanggan yang ada,
4.
Merangsang kebutuhan selektif
dengan menjaring pelanggan baru.
4. Fungsi Strategi Pemasaran
Strategi
pemasaran yang ditetapkan dan dijalankan oleh perusahaan atau usaha kecil dan
mikro memiliki beberapa fungsi, yaitu:
Ø
Menetapkan basis konsumen
secara strategis, rasional dan lengkap dengan informasinya;
Ø
Mengidentifikasikan
kebutuhan yang sekarang dan yang akan datang dari konsumen dan calon konsumen;
Ø
Menciptakan produk yang
dapat mmenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan,
serta mampu membedakan perusahaan dari pesaing;
Ø
Mengkomunikasikan dan
mengantarkan produk tersebut kepada pasar sasaran;
Ø
Memimpin seluruh personel
bidang pemasaran untuk menjadi sekumpulantenaga kerja yang disiplin, otensial,
berpengalaman, berdedikasi pada perusahaan dalam mencapai tujuan.
C. Tinjauan Tentang Usaha
Kecil dan Mikro
1. Pengertian Usaha Kecil
dan Mikro
Usaha kecil merupakan usaha yang integral dalam dunia usaha
nasional yang memiliki kedudukan, potensi, dan peranan yang signifikan dalam
mewujudkan tujuan pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan ekonomi
pada khususnya. Selain itu, usaha kecil juga merupakan kegiatan usaha dalam
memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas, agar
dapat mempercepat proses pemerataan dan pendapatan ekonomi masyarakat.
Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008
Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengertian Usaha Kecil adalah
usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang
perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan
cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung
maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi
kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang.
Sedangkan pengertian/defenisi Usaha Mikro menurut Keputusan Menteri
Keuangan No.40/KMK.06/2003 tanggal 29 Januari 2003, yaitu usaha produktif milik
keluarga atau perorangan Warga Negara Indonesia dan memiliki hasil
penjualan paling banyak Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah) per tahun.
Usaha Mikro dapat mengajukan kredit kepada bank paling banyak Rp.50.000.000,-.
Menurut Undang-Undang No.20 Tahun 2008
tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengertian Usaha Mikro adalah
usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang
memenuhi criteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.
2. Kriteria Usaha Kecil dan
Mikro
Kriteria usaha mikro :
Ø
Jenis barang/komoditi
usahanya tidak selalu tetap, sewatu-waktu dapat berganti;
Ø
Tempat usahanya tidak
selalu menetap, sewaktu-waktu dapat pindah tempat;
Ø
Belum melakukan
administrasi keuangan yang sederhana sekalipun dan tidak memisahkan keuangan
keluarga dengan keuangan usaha;
Ø
Sumber daya manusianya
(Pengusahanya) belum memiliki jiwa wirausaha yang memadai;
Ø
Tingkat pendidikan
rata-rata relative sangat rendah;
Ø
Umumnya belum akses kepada
perbankan, namun sebagian dari mereka sudah akses ke lembaga keuangan non bank;
Ø
Umumnya tidak memiliki izin
usaha atau persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP.
Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha
Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kriteria usaha kecil dan mikro adalah seperti
pada tabel berikut:
No
|
URAIAN
|
KRITERIA
|
|
ASSET
|
OMZET
|
||
1
|
USAHA MIKRO
|
Max 50 Juta
|
Max 300 Juta
|
2
|
USAHA KECIL
|
> 50 Juta – 500 Juta
|
> 300 Juta - 2,5M
|
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan yang penulis kemukakan diatas, dapat
disimpulkan bahwa strategi pemasaran merupakan rencana yang terpadu sebagai
dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan
mengembangkan program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi
pemasaran memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah:
Ø
Menciptakan produk yang
dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan tepat dan menguntungkan serta mampu
membedakan dari pesaing;
Ø
Mengkomunikasikan dan
mengantarkan produk tersebut kepada pasar yang dituju.
Dalam rangka pencapaian tujuannya, perusahaan
berorientasi pada kepuasan konsumen melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan
konsumen dengan menjalankan strategi pemasaran yang tepat. Kepuasan
konsumen/pelanggan merupakan ukuran keberhasilan strategi pemasaran yang
dijalankan perusahaan dalam memasarkan produknya. Disamping itu, kepuasan
konsumen dapat diukur dan dievaluasi.
B. SARAN
Berdasarkan
kesimpulan yang telah dikemukakan diatas ada beberapa saran yang bisa
diuraikan:
Ø Sebagai dasar untu menentukan apakah strategi yang sedang
dijalankanperlu dibah dan untuk menyusun atau menentukan strategi yang akan
dijalankan pada masa yang akan datang, perusahaan perlu memperhtikan dan
mempertimbangkan factor-faktor seperti pasar, tingkat pertumbuhan, system
distribusi, pola prilaku pembeli, permintaan musiman, dan segmen pasar yang ada
saat ini dan segmen pasaryag belum terpenuhi.
Ø Perusahaan erlu memahami siapa pesaingnya, bagaimana posisi
produk dan pasar pesaing, apa strategi pesaing, kekuatan dan kelemahan pesaing,
strukur pesaing dan kapasitas produk pesaing.
DAFTAR PUSTAKA
Jurini, Kristanti Puji Winah. (2004), Strategi Pemasaran. Jakarta :
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL.
Tjiptono, fandy.
(1997), Stratei Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan